Jawaban Tasawuf

Nama                :    Nurhidayah
Program Studi :   S1 PGMI
Mata Kuliah     :   Tasawuf
Nama Dosen     :  Burhanudin S.Sy. MH

1. Jelaskan ruang lingkup pembagian akhlak?
Jawab:
a. Akhlak mahmudah (akhlak terpuji), seperti beribadah kepada Allah, mencintai-Nya dan mencintai makhluk-Nya karena dia dan baik serta menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah dan memulai berbuat sholeh dengan niat ikhlas , berbakti kepada kedua orang tua dan lainnya.
b. Akhlak madzmumah (akhlak tercela) seperti ujub, sombong, bakhil, malas, dan lain sebagainya.
Akhlak mahmudah adalah sebab-sebab kebahagiaan di dunia dan akhirat yang meridhoilah Allah dan mencintai keluarga dan seluruh manusia dan diantara kehidupan mereka kepada seorang muslim. Sedangkan akhlak madzmumah adalah asal penderitaan di dunia dan di akhirat
2. Bagaimana pemetaan akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah ?
Jawab:
Akhlak mahmudah (akhlak terpuji) adalah perbuatan yang dibenarkan oleh agama  (Allah dan Rasul-Nya). Akhlak mahmudah meliputi ikhlas, sabar, syukur, dan amanah.
Akhlak madzmumah (akhlak tercela) adalah perbuatan yang tidak dibenarkan oleh agama (Allah dan Rasul-Nya). Akhlak madzmumah meliputi riya dan sum’ah, takabur dan tahasud (hasad).
3. Bagaimana penjelasan tentang ukuran baik dan buruk ?
Jawab:
Menurut ajaran islam, ukuran baik dan buruk berbeda dengan ukuran-ukuran lainnya, untuk melihat apakah sesuatu perbuatan itu apakah baik atau buruk dapat dipegangi sebuah hadis yang diriwayatkan oleh bukhari dan Muslim, yang mengemukakan bahwa: “sesunguhnya sesuatu prilaku/perbuatan itu tergantung kepada niatnya.
4. Faktor apa saja yang mempengaruhi akhlak ?
Jawab:
Faktor yang mempengaruhi akhlak yaitu: insting, pola dasar bawaan, lingkungan, kebiasaan, kehendak dan pendidikan.
5. Ada beberapa asumsi mengenai lahirnya tasawuf, berikan penjelasan dari unsur filsafat dan islam ?
Jawab :
Unsur filsafat:
• Ontologi, membahas tentang yang ada, tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu
• Epistemologi, cabang ilmu filsafat yang menggarai masalah-masalah filosofikal yang mengitari teori ilmu pengetahuan , epistemologi adalah bagian filasafat yang meneliti asal-usul, asumsi dasar, sifar-sifat dan bagaimana memperoleh pengetahuan menjadi penentu penting dalam menentukan sebuah model filsafat atau cara mendapatkan pengetahuan yang benar.
• Axiologi, sebagai filsafat yang membahas tentang apa kegunaan ilmu pengetahuan manusia aksiologi menjawab, untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan?
Unsur Islam :
• Iman
• Islam
• Ihsan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Noun and pronoun

Ajaran sufi dan tokoh tokohnya

Makalah evaluasi dalam proses belajar mengajar